Wednesday, February 14, 2007

14 Februari

Tanggal 14 Februari teh hari apa?



Banyak anak ABG di Indonesia yang menyebut hari ini sebagai hari Falentin, atau ada juga yang bilang Palentin (tergantung daerah kelahiran sih, kalo orang bule mah menyebutnya Valentine's Day) yang kalo diartikan secara ngawur artinya Hari Kasih Sayang. Padahal asal-usulnya hari Valentine ini sama sekali ga ada hubungannya dengan kasih sayang.

Note: Secara ga sengaja, ketika sedang nyari referensi tentang hari valentine di google, gw nemu postingan lama gw tentang hari valentine di blog gw yang terlupakan ini. Please baca tulisan itu sebelum ngelanjutin baca tulisan ini. Pas gw baca kok gw ngerasa tulisan2 gw yang dulu tuh cupu bgt ya? hehe. Ahhh... but I like the cupu version of me better. Bisa ga yah gaya nulis gw jadi kaya dulu lagi? huhhh..

udah baca tulisan yang ada di link itu? lanjuut...

Kalo sekarang gw ditanya mengenai pendapat gw tentang hari valentine ini, gw bakal bilang: Gw sih asik2 aja, selama elo ga nyenggol2 gw *lagu Borju by Neo mode on*.

Ngerayain hari palentin kan sebenarnya ga ada hubungannya dengan sistem kepercayaan kita pada Tuhan. Keterlaluan juga dulu gw secara tidak langsung bilang: "Jangan ngerayain hari valentine, nanti masuk neraka" =p Kalo sekarang gw pikir2, ngasi2in coklat ke seseorang pada hari valentine ga akan menghilangkan kepercayaan kita bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah kan? (cuma yaaa.. norak aja gituh, kesannya gimanaaa gitu, kaya orang miskin. Coklat kan murah, apalagi yang cap jago. Ngasinya tiap hari kek jangan cuma tanggal 14 Februari doang, gimana sih.)

Trus.. walaupun secara harfiah 'valentine' tuh artinya "Yang Maha Perkasa", bukan berarti klo seseorang ngucapin "Be my Valentine" ke pacarnya tuh bermaksud bilang "Pacarku, jadilah Yang Maha Perkasa" kan? Bukankah segala sesuatu itu tergantung dari niat? Gw ngaku deh tulisan gw dulu itu salah. Eh, tapi tetep aja ga perlu deh bilang atau nulis2 "Be my Valentine" buat gebetan lo. Bikin mual ngebacanya, apalagi ngedengernya *icon muntah*

Oya, trus.. hadist yang berbunyi "Mantasabakha bi kaumin wahuwa min hum" yang artinya kira-kira "Barang siapa mengikuti suatu golongan, maka ia termasuk ke dalam golongan itu" juga dulu udah gw salahartikan. Masa, cuma karna orang2 ngerayain valentine, gw langsung nganggap mereka menganut paganisme. Hehe. *lari takut ditimpukin coklat ama orang yang pernah tersinggung*

Mengenai hadist tadi, coba kita cek kebenarannya. Kalo memang hadist itu benar, maka contoh-contoh di bawah ini juga harusnya benar:


1. Kita termasuk golongan harimau. Karena kalau mau makan binatang kan binatangnya kita siksa dulu, ga langsung dibunuh (harimau mencabik2nya sampai berdarah-darah, kita menyembeleh lehernya sampai berdarah-darah, sama aja)

2. Kita termasuk golongan monyet, karena kita semua suka makan pisang.

3. Kita termasuk golongan anjing, karena yang udah kawin pasti pernah melakukan doggy style (gw sih masih perjaka jadi ga termasuk loh)

4. Semua cewe berjilbab termasuk golongan kaum Quraisy, karena kerudung telah dipakai di negeri arab sejak jaman dahulu kala, termasuk oleh kaum Quraisy.

5. Hampir semua manusia di dunia termasuk ke dalam golongan kaum Skotlandia, karena sering berkomunikasi lewat telepon, yang diprakarsai oleh Alexander Graham Bell, seorang pria kelahiran Skotlandia.

6. etc. (gw termasuk orang Vatikan, karena telah memakai kata 'etc', yang berasal dari bahasa Latin, bahasa resminya kota Vatikan)

Tentu saja hal2 di atas ga bener. Kita ga bisa seenaknya aja mencap seseorang sebagai bagian dari suatu kaum hanya karena dia mengikuti apa-apa yang dilakukan kaum itu. Bukti lain: gw suka My Chemical Romance dan Panic at the Disco, tapi bukan berarti gw EMO kan? Rambut gw botak, bukan berarti gw dari golongan tuyul kan? Elo pake Windows buatan Bill Gates, bukan berarti lo termasuk golongan konglongmerat kan?

Nah lho ini hadistnya gimana siy? udah ah, terserah pembaca mau berdiri di sudut mana. Sekarang kembali ke tanggal 14 Februari.

Dulu gw pernah nanya ke seorang bule Aussie: "fren, klo di sini pada suka ngerayain Valentine ga?"

Dia bilang, "Ngga lah Zi, Valentine mah budaya Amerika"

Nah, brarti Valentine itu budaya Amerika kan? Trus kenapa orang Indo ikut2an^^ Dasar Indonesia.. aneh.

Tapi ternyata yang aneh bukan orang Indonesia aja, orang2 Amerika juga aneh.. Pada tanggal 14 Februari 1884, ibu DAN istri Theodore Roosevelt--salah satu presiden paling berpengaruh buat Amerika--meninggal dunia. Yang mengenaskan, penyebab mereka berdua meninggal di hari yang sama bukanlah karena dibunuh, tapi karena penyakit mematikan. Istrinya kena penyakit ginjal yang aneh, ibunya kena demam typhoid yang aneh. Kedua penyakit aneh itu mencapai puncaknya secara bersamaan di hari yang aneh. Dan di hari yang menyedihkan buat presiden mereka Roosevelt, orang2 Amerika malah merayakan Hari Kasih Sayang. Orang-orang yang aneh.

Hal aneh lainnya, di taun 1929 (pada tanggal dan bulan yang sama) terjadi peristiwa naas yang diberi nama "Valentine Day's Massacre", dimana 7 orang gangster asal Chicago yang diketuai oleh Bugs Moran tewas diberondong peluru yang ditembakkan oleh gangnya Al Capone.

Ga penting sih, yang mati juga cuma 7 orang, apalagi jaman sekarang mah sekali ngebom pake bahan C4 ratusan orang bisa mati sekaligus. Tapi tetep aja, kejadian ini menunjukan bahwa manusia tuh dari jaman dulu sampe sekarang emang gemar banget membunuh, dengan alasan yang aneh-aneh, bener-bener ga jauh beda dengan binatang. Kalo kata hadist yang dibahas di atas tadi mah, brarti kita manusia emang masuk ke dalam golongan binatang.

Eh, ko dari tadi ngomongin binatang melulu! Padahal kan topiknya Valentine day. Ahh.. daripada terjadi persengketaan, ni gw pasang beberapa poto yang ada hubungannya dengan valentine day dan binatang. (semua foto di ambil dari http://theuniverse.bizarrearea.com)














Bener2 deh. Manusia ama binatang ga jauh beda yah:)

2 comments:

  1. Ooo, ternyata orang Osi enggak ngerayain palentin to? Baru tahu aku

    ReplyDelete
  2. Tanggal 14 Februari kemarin hari rabu, mas! waktunya gua kuliah GIS. hehehe...

    ReplyDelete