Sunday, December 11, 2016

Ribut Reboot

Kalau Hollywood saja boleh me-reboot film-film demi mendapatkan uang, selayaknya saya pun boleh dong me-reboot blog ini :)

Sebenarnya, saya tidak ingin menulis apa-apa lagi di sini. Namun sebuah incovenience kecil baru saja terjadi pada saya: akun adsense saya yang telah diapprove sejak 2 tahun silam tiba-tiba disapproved. Tanpa email pemberitahuan, tanpa alasan, tanpa memberikan kesempatan pada saya untuk menanyakan apa penyebabnya. Googling about it doesn't help.

Mungkin Google terlalu besar untuk peduli terhadap netizen kecil seperti saya. Well, tidak bisa disalahkan juga sih. Kalau saya punya bisnis sebesar Alphabet, mungkin saya juga akan mengikuti prinsip Pareto dan hanya fokus pada klien-klien yang besar saja.

So, sebagai programmer, saya hanya bisa melakukan yang biasa saya lakukan: debugging. Hipotesa saya saat ini, blog ini terlalu lama tidak diupdate, sehingga hal tersebut mempengaruhi akun adsense saya, mungkin. Ya namanya juga hipotesa, akan saya tes kebenarannya. Setelah ini saya akan men-submit ulang akun adsense saya.

Sesungguhnya saya tidak akan memonetisasi blog ini, saya hanya membutuhkan akun adsense untuk memonetisasi sebuah channel Youtube. Sayangnya dulu saya mendaftarkan adsense dengan blog ini, dan Google memiliki aturan aneh dimana kita tidak bisa merubah website saat mendaftar adsense..

Fuck, kemampuan menulis saya sekarang lebih buruk dari skill seorang anak SMP. Something's definitely wrong with my brain. I need to do something about it.

No comments:

Post a Comment