Thursday, July 12, 2007

Doa VS Doa

Apa yang akan terjadi jika dua orang atau lebih memohon doa yang bertentangan satu sama lain?



Jawaban dari pertanyaan ini mungkin bisa ditemukan melalui sebuah experimen yang nyata. Akan tetapi, melakukan experimen dengan subjek yang kritikal dan ghaib seperti ini tentu saja sangat sulit untuk direalisasikan. Oleh karena itu, saya akan melakukan 'thought experiment' saja, alias experimen yang hanya dilakukan dalam imajinasi saja, seperti yang sering dilakukan Einstein sampai beliau bisa menemukan teori E=MC2. Tentu saja, saya sama sekali tidak bermaksud untuk meniru-niru einstein (bukannya saya tidak mau meniru dia, saya hanya tidak mampu karena otak saya tumpul, bulet malah). Saya hanya menyebutkan nama dia sebagai contoh manusia yang telah berhasil menemukan sesuatu yang luar biasa hanya dengan sebuah experimen yang dilakukan dengan imajinasi saja.

So, saya mulai saja deh.

Tujuan

Tujuan dari experimen ini adalah untuk mencari tau mengenai apa yang akan terjadi bila dua orang (atau lebih) memohon doa yang saling bertentangan satu sama lain.

Prosedur

Karena keterbatasan biaya, keterbatasan izin dari Yang di Atas, dan keterbatasan niat saya, maka telah diputuskan bahwa experimen ini hanya akan dilakukan dalam imajinasi saya saja. Nanti akan dibuat (secara imajinasi) beberapa contoh kondisi yang menunjukan clash atau tubrukan antara doa yang satu dengan doa yang lain, dan kemudian akan diperkirakan kondisi yang akan terjadi setelahnya.

Kondisi-kondisi yang akan dipakai dalam percobaan ini diantaranya:

- Hari-hari menjelang SPMB
- Hari-hari setelah SPMB
- Dalam sebuah persaingan bisnis di daerah Gegerkalong Girang
- Dalam sebuah pembajakan pesawat

Alat dan Bahan

- Seperangkat alat komputer yang telah terinstall software Notepad di dalamnya
- Disket atau Flashdisk
- Uang sebesar Rp 3500,00 untuk pergi ke warnet selama 1 jam
- Sedikit toleransi antar umat beragama dan tidak beragama
- Karakter A, B, C, D, dst. (sebagai kelinci percobaan dalam experimen ini)

Teori

Tuhan selalu mengabulkan doa seseorang.

Experimen

Kondisi 1 - Hari-hari menjelang SPMB

Si A berdoa agar dia dimudahkan dalam mengerjakan soal SPMB,
begitu pula si B,
dan C,
D juga,
dst.

Kondisi 2 - Hari-hari setelah SPMB

A berdoa agar dia bisa diterima di fakultas kedokteran Unpad
B berdoa agar bisa masuk teknik informatika ITB
C, ß, ® , dan 2996 karakter ascii lainnya melakukan doa yang sama dengan A, yaitu agar mereka masuk kedokteran Unpad.
D beserta 1798 karakter lainnya berdoa agar masuk ke teknik informatika ITB, sama seperti B.

Kondisi 3 - Dalam sebuah persaingan bisnis di daerah Gegerkalong Girang Bandung

H adalah seorang tukang bakso yang memiliki kios di jalan gegerkalong girang.
Sedangkan P adalah tukang bakso gerobak keliling yang suka mengedarkan dagangannya juga di sepanjang jalan gegerkalong girang.

H merasa dagangan dia kurang laris gara-gara si P
P merasakan yang sebaliknya

H berdoa agar gerobak si P ketabrak mobil supaya bakso H bisa menjadi dominan di Gegerkalong Girang
P berdoa agar kios si H kebakaran.

Kondisi 4 - Dalam sebuah pembajakan pesawat

Kejadian ini terjadi pada saat pesawat United 93 dibajak oleh 4 orang teroris asal Arab bernama A, B, C, dan D pada tanggal 11 September 2001 di USA. Para teroris yang soleh itu berdoa pada Tuhan agar misi mereka menabrakkan pesawat ke gedung putih berhasil. Namun penumpang pesawat yang lain, E sampai Z, berdoa agar pesawat yang mereka tumpangi selamat.

Hasil

Kondisi 1

A berhasil menjawab soal2 SPMB dengan mudah
Sedangkan B dan C agak kesulitan mengerjakannya
D gagal mengikuti SPMB karena angkot yang ditumpanginya meledak

Pembahasan kondisi 1:
Pada kondisi satu ini tidak ada clash atau tubrukan doa, karena kondisi ini sengaja saya buat sebagai 'kondisi kontrol' untuk experimen ini.

Kondisi 2

A gagal masuk ke kedokteran Unpad
B berhasil masuk Informatika ITB
C dan 129 karakter lainnya masuk Unpad, sedangkan 2870 karakter lainnya gagal jadi dokter.
D gagal masuk informatika ITB, dan dari 1798 peminat lain, hanya 229 yang diterima. Sisanya gagal.

Pembahasan kondisi 2:
Masalah dimulai di sini. Setiap karakter yang telah mengikuti SPMB berdoa masing-masing agar dirinya masuk ke jurusan yang mereka inginkan. Ini tentu saja akan menyebabkan clash. Karena setiap peminat suatu jurusan berdoa agar diri mereka masuk ke suatu jurusan, sehingga secara tidak langsung mereka berdoa agar saingan-saingan mereka gagal. Bagaimanapun susunan kata-kata pada doa yang mereka ucapkan, doa mereka secara tidak langsung dapat berarti seperti ini:

"Ya Tuhan, aku mohon agar [jumlah peminat pada suatu jurusan yang diinginkan pada suatu universitas dikurangi dengan jumlah daya tampung jurusan tersebut] orang sainganku tidak diterima di [nama jurusan dan universitas yang diinginkan]. Amin."


Contoh: FKU unpad punya daya tampung 130 orang. Sedangkan peminatnya 3000, maka doa para peminat FKU secara tidak langsung isinya gini:

"Ya Tuhan, aku mohon agar 2870 orang sainganku tidak diterima di FKU. Amin."

Kondisi 3

Tidak lama setelah mereka berdoa, ternyata di daerah gegerkalong dibangun sebuah masjid bernama DT, yang sekarang telah menjadi terkenal dan menyebabkan daerah gegerkalong menjadi super rame. Bakso H dan P pun keduanya laku keras.

Pembahasan kondisi 3:
Beda dengan kondisi 2 yang clashnya secara tidak disengaja, kondisi 3 ini memiliki clash yang sangat jelas dan frontal, namun anehnya hasil akhirnya malah menguntungkan kedua belah pihak.

Kondisi 4

Pesawat United 93 gagal menabrakkan dirinya ke gedung putih dan terjatuh di daerah Penn.. Pennis... Pennsylvania, kalau ga salah.

Pembahasan kondisi 4:
Nah yang ini makin aneh lagi. Doa kedua belah pihak tidak ada yang terkabul.

Kesimpulan

Hasil dari experimen ini ternyata bisa dipandang dari dua sisi yang berbeda. Dan ternyata keduanya akan menghasilkan dua kesimpulan yang berbeda. Silahkan memilih mana yang menurut anda lebih relevan dengan kepercayaan anda.

Dilihat dari sudut pandang 1:
Dari keempat kondisi di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil dari pertarungan antara dua buah doa itu ternyata ga bisa ditebak. Sama seperti pertandingan di dalam ring tinju, mana yang menang dan mana yang kalah ga akan ketauan sampai pertandingan berakhir. Tuhan mengatur segalanya. Tuhan tau mana yang baik untuk hambanya. Jangankan hasil pertarungan antar dua buah doa, hasil dari sebuah doa aja ga bisa ditebak (liat kondisi 1). Kondisi nomor 2 mungkin bisa dijelaskan oleh teori yang mengatakan bahwa, apabila Tuhan tidak mengabulkan doa kita, maka Dia telah menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik. Berarti 2870 orang yang ga lulus di FKU itu memang punya bakat lain yang lebih baik selain jadi dokter. Yang nomor 3 juga sama, di sini Tuhan bersikap Maha Bijaksana, ketimbang yang satu ketabrak dan yang satu kebakar lebih baik kedua tukang bakso tadi sukses. Sama juga dengan yang nomor 4, Tuhan sengaja menjatuhkan pesawat tersebut agar..... wallahualam.

Dilihat dari sudut pandang 2:
Kesimpulan akhirnya, doa itu sama sekali ngga mempengaruhi hasil akhir. Semuanya tergantung pada usaha masing-masing plus faktor X, yang bisa berupa orang lain, kondisi lingkungan, dan jutaan penyebab lainnya (chaos theory). Dengan begitu kondisi 1 bisa dijelaskan (kemampuan menjawab soal berbanding lurus dengan kuantitas dan kualitas belajar peserta SPMB), sedangkan angkot meledak yang dialami si D hanyalah sebuah kebetulan belaka. Kondisi 2 juga bisa dijelaskan (orang yang lulus adalah orang yang nilainya paling gede, bukan yang paling banyak berdoa). Kondisi 3, kedua tukang dagang itu kebetulan bersaing di tempat dan waktu yang bersamaan dengan naik daunnya DT, sehingga mereka bisa ikut sukses. Yang nomer 4, seperti yang terlihat di film dokumentasi, pesawatnya jatuh sebelum mencapai target karena para penumpang melawan keempat teroris tersebut, yang salah satunya yang bertindak sebagai pilot. Sehingga pesawat ga ada yang mengendalikan, makanya jatuh.

Dengan demikian experimen ini saya lakukan, semoga bisa menjadi bahan pemikiran anda sekalian, terima kasih.

3 comments:

  1. ahhahahaha
    sngat logis pembahasannya ..setujuhh

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. setuJU!!!!!!!!!

    sbenrnya gw tmasuk org yang pngen msuk FK unpad.........

    gw bkal berusaha semaksimal mungkin...!!

    doain ya...
    hhe

    ReplyDelete