Thursday, May 3, 2007

Bukan tentang Sigur Ros

GLEK.. bulan april kemaren gw ga nulis satu postingan pun! Di postingan terakhir kan gw bilang kalo blog ini bakalan pake sistem sambung-menyambung. Maksud gw yang sambung menyambung tuh temanya, tapi ternyata malesnya juga dari dulu sampai sekarang masih nyambung terus.. Arrgghhh malesbanget.com.

Jadi di akhir postingan kemarin gw nulis kata "minimalis", seharusnya postingan INI bakal ngejelasin tentang sesuatu yang ada hubungannya dengan minimalis, seperti gaya rumah minimalis (tapi ini ga mungkin karena gw bukan dealer rumah), potongan rambut yang minimalis (tapi ini udah pernah), atau grup band yang beraliran musik minimalis baik band lokalan kayak Minoru maupun band minimalis aneh asal Islandia yang bernama Sigur Ros. Tapi gw ga bisa. Gw sedang ga bisa ngebahas hal-hal yang berbau minimalis. GA BISA. Hati gw sedang maksimalis (whatever it's supposed to mean). I'm in LOVE.

Tapi biarpun begitu, supaya ga melenceng-melenceng banget dari tema minimalis, gw bakal ngebahas sedikit tentang Sigur Ros dulu deh. Nama "Sigur Ros" kalau diterjemahin ke bahasa Inggris artinya "Victory Rose", yang kalau diterjemahin ke bahasa indonesia berarti "Mawar Kemenangan". Kalau gw ga salah, kata "kemenangan" sendiri kalau diterjemahin ke bahasa Arab jadinya "Fauzi". Gw heran kenapa ortu gw dulu ngasi nama gw yang berasal dari bahasa arab. Keren sih.. FAUZI.. iya keren. Tapi gw ga suka fakta bahwa nama gw berbau-bau arab. Najis mutawasitoh, atau mungkin mugoladoh? ntar deh gw cari di kitab shahih, siapa tau di situ ada riwayat yang ngejelasin kalau nama orang yang berbau arab tuh jenisnya najis apa.

Masih tentang Sigur Ros. Aliran musik mereka unik, enak, ga bikin enek, dan yang pasti musiknya ga pake skala yang biasa dipake di lagu-lagu arab. Ok, cukup ngomongin Arabnya. Sigur Ros udah ngeluarin beberapa album, yang semuanya aneh. Musiknya ga cocok buat didengerin ketika pesta atau shopping. Musik mereka lebih enak buat didenger pas candle light dinner, mau tidur, belajar, baca buku, olahraga soliter yang membutuhkan ketahanan tubuh, nulis blog, atau ML (yang terakhir gw belum pernah coba, tapi kayanya bakal cocok banget). Trus, yang bikin musik mereka ga ngeganggu konsentrasi pas lagi belajar adalah, lirik mereka bukan pake bahasa manusia. Jadi kalo dengerin lagunya Sigur Ros sambil belajar kamu gak akan ngedenger lirik seperti "biarkan waktu..hapus..hapus...aku.." atau lirik sejenisnya yang bisa ngeganggu konsentrasi belajar. Mereka orang Islandia, dan bahasa Islandia aja udah lieur, tapi lirik mereka bukan pake bahasa Islandia, melainkan sebuah bahasa yang lebih ribed dari bahasa Islandia yang mereka ciptain sendiri. Para fans menyebutnya bahasa Hopelandic. Mungkin hal ini dikarenakan oleh musik mereka yang ngebikin semangat orang yang ngedengernya, walaupun liriknya ga bisa dimengerti.

Musik mereka emang slow, tapi ga mellow, dan arti dari liriknya tuh Open-Ended. Meaning? Meaning, arti dari liriknya tuh terserah pendengar mau ngartiinya kayak gimana. Pada booklet yang ada di dalam salah satu album mereka yang berjudul ( ) [iya, judul albumnya cuma kurung buka kurung tutup]--yang seharusnya diisi lirik--terdapat kekosongan. Putih. Di belakangnya ada tulisan yang artinya kira-kira: "Silahkan tulis sendiri liriknya". An Open Ended album. Great.

Lagu favorit: Vaka, Njósnavélin (The Nothing Song), Hoppipolla, Popplagið, dan masih banyak lagi.
Album Favorit: ( ), Agaetis Byrjun
Album Paling Jelek: Von Brigði / Recycle Bin / Tempat Sampah.

note: album Von Brigði yang artinya Tempat Sampah bukan dibuat oleh Sigur Ros. Lagu-lagunya sih milik Sigur Ros, tapi di cover alias dimainkan oleh kumpulan band-band aneh yang sealiran dengan Sigur Ros (contoh: Mum, Plastimic, Gus Gus, ah pokonya aneh2). Jadi bukan Sigur Ros langsung yang mainin lagunya. Gw ga suka album ini karena musiknya terlalu elektronik. Ga seindah musiknya Sigur Ros. Jeleknya absolut pokonya.

Udah ah cukup pembahasan tentang Sigur Rosnya. Seperti tadi gw bilang, gw lagi ga mood ngomongin tentang hal-hal yang berbau minimalis. Gw lagi maksimalisssss, whatever it meannsss. Gw baru aja jadi penjahat dan pengkhianat. Eh, sebenernya bukan gw yang jahat sih, tapi Amygdala gw yang ga mau kompromi dengan si Cerebellum. Si cerebellum di kepala gw sebenernya dari dulu sibuk mikirin logika dalam cinta, sampai gw pernah nulis postingan superlogis tentang bodohnya pacaran anak muda yang dulu pernah gw post di boleh.com. Tapi dasar amygdala gw ini warisan dari nenek moyang gw si Homo Sapiens pertama di muka bumi, bagian otak ini bisanya cuma bikin hidup gw lebih hidup, tanpa mau mikirin 0-1-1-0-0-1-1-1-0-0 nya kehidupan. Dan sepertinya gw juga udah agak muak jadi robot superidealis sok bener yang bergantung banget ama cerebellum dan hidup dalam dunia grayscale. Gw pengen beli crayon 32 milyar warna supaya gw bisa ngewarnain dunia gw yang dulunya ngebetein abis. Gw ga akan sih ngilangin warna abu-abu dalam hidup gw, gw juga ga akan ngilangin warna hitam dan putih. Warna-warna grayscale bisa jadi fun banget kalo digunakan dengan penuh kesadaran. Tapi selain itu gw juga pengen nyoba warna-warna lain yang bisa bikin hidup gw lebih hidup. Seperti kata kakak Funrecord yang sering mangkal di boleh.com: Life for Fun. Yeah.. life is supposed to be for fun, i guess. Selama kesenangan itu ga sampai ke tahap ketololan, ntar jadinya kayak Kurt Kobain yang kehabisan ide buat senang-senang.

Bagaimana dengan kehidupan akhiran? itu hal lain, ga cocok buat di tulis di sini. Gw ga pengen ngomongin yang aneh2 dulu. I'm in love.


9 comments:

  1. hai

    kamu tahu

    dimana download

    lag-lagu

    sigur ros
    tapi

    gak ada virusnya

    blog kamu bagus

    mampir

    juga dong ke blog

    aku

    www.scriptnega.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. pake software u torrent mas! ntar torrentnya bisa diambil dari situs2 torrent. cuba saja di googling.

    ReplyDelete
  3. helo, numpang baca-lari haha

    ReplyDelete
  4. tau ga, toko kaset/cd/dvd ato apakah yang jual albumnya/ ato apakah mreka???trus gimana caranya kalo gw pengen nonton film mreka yang jdulnya 'heima'?cari di penjuru bandung blom dapet2 ey... thx

    ReplyDelete
  5. download aj filmnya.....buka dulu di YouTube trus didonlod make Keepvid.com.....

    lagu2ny sigur ros emang aneh...tp enak bgt bwt didengerin...

    ReplyDelete
  6. yang mau album, film dan lain-lainnya tentang sigur ros...

    www.u2n2.com(apa kebalik gitu)

    di kri atas ada tulisan article di bawahnya tulis sigur ros...

    tapi bagi yang mampu beli impor, beli aja yah..
    albumnya bagus ko..
    dan art-albumnya juga keren-keren!!!

    ReplyDelete
  7. yang mau album, film dan lain-lainnya tentang sigur ros...

    www.u2n2.com(apa kebalik gitu)

    di kri atas ada tulisan article di bawahnya tulis sigur ros...

    tapi bagi yang mampu beli impor, beli aja yah..
    albumnya bagus ko..
    dan art-albumnya juga keren-keren!!!

    ReplyDelete
  8. lu kali yang najis nya mugholadoh...

    emang sih nama lu g cocok fauzi.. harus nya tuh khimar... yah,,, cocok banget tuh buat lu

    ReplyDelete