Wednesday, December 8, 2010

8th of December 2

manusia kecil di kepala saya itu bertanya,
"hey zi, what's up?"
saya pun terdiam membeku bagai batu di pelabuhan ratu.
oh bugger kapan ya saya bisa bikin kalimat yang bagusan dikit.
what is up, indeed.
sekarang adalah tanggal 8 desember,
yang artinya, tepat empat tahun yang lalu,
kalender menunjukkan tanggal yang sama:
tanggal 8 desember.

obviously.

lalu ada apa dengan tanggal ini?tidak ada apa-apa, tidak ada yang spesial
hanya saja empat tahun yang lalu,
saya pernah menulis suatu postingan yang diberi judul yang sama.
membuat saya kembali teringat masa itu,
dan membandingkannya dengan masa kini.
apa yang telah terjadi,apa yang telah berubah,
selama empat tahun ini?

ternyata
tidak seperti negeri kita indonesia
saya mengalami perubahan saudara-saudara

pertama, sekarang saya tidak takut lagi bicara pada strangers,
ataupun bicara di depan public,
oh yeah i was a shy cute little boy, 
tapi untung saja pekerjaan saya sebagai bellboy di hotel dulu mengajarkan saya bahwa,
stranger tidak sama dengan monster,
dan berbicara di depan publik itu membuat jantung deg-degan asyik,
bagai melawan robot nic dalam game sonic
di level terakhir.
ahhhh

tapi yang belum berubah,
otak saya masih lamban saat berkomunikasi,
jadi jangan heran jika melihat saya terdiam,
bisu bagai patung selamat datang,
andai saja seluruh dunia berjalan 3x lebih lamban
andai saja.

kedua, saya lebih open-minded,
dulu, saya membenci orang arab, rokok, israel, aborsi, cewek hedonis, r&b, gay, cina,
dan ribuan hal lainnya.
sekarang saya merasakan nikmatnya membuka pikiran,
saya merasakan nikmatnya melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda,
ribuan forum internet yang telah saya baca mengajarkan pada saya,
di dunia ini ada banyak jenis manusia.
there is no right, 
there is no wrong, 
the circle only has one side.
implikasinya, apabila anda seorang gay,
jangan takut,
saya tidak akan membunuh anda lagi.

tapi yang belum berubah,
i still give a damn about everything.
jadi bila anda seorang gay,
jangan heran kalau saya bilang, "you're gay."
atau kalau anda seorang cina,
jangan tersinggung kalau saya bilang "you're chinese."
atau kalau anda seorang arab,
jangan marah kalau saya bilang "you're so fucking stupid."
semua itu bukan ejekan dari saya,
itu hanya cara saya menyayangi anda,
dan ajakan saya kepada anda untuk take it easy.

ketiga, sekarang saya punya cita-cita
saya yakin ingin menjadi sutradara,
programmer,
dan penulis,
tidak seperti dulu,
setiap orang bertanya saya mau jadi apa,
saya hanya bilang
i don't know, maybe a programmer, but i don't know.
sekarang saya yakin ingin menjadi ketiga hal di atas.

tapi yang belum berubah,
im still too lazy realize those dreams.

keempat, ini perubahan negatif,
now i don't believe in falling in love.
i think it's just a human instinct,
to mate,
to breed, 
to survive.
scary isn't it?
im scared too.

tapi yang belum berubah,
saya masih seorang melankolis yang punya air mata,
dan masih suka menangis saat tak ada cinta.

oh masih banyak yang berubah,
hal kecil yang tak mungkin saya sebutkan satu-satu,
seperti berat saya yang naik 2kg,
tinggi saya yang naik 1cm,
dan tubuh saya yang sekarang sudah divaksin rabies.

sekarang manusia kecil di kepala saya menanyakan sebuah pertanyaan lain,
which one do you like better, today, or four years ago?

damn who is this little man inside my head?
why does he keep asking stupid question like that?

empat tahun yang lalu,
saya punya uang,
saya punya pekerjaan,
dan saya berada di sebuah kota yang bersih, tidak pernah macet, serta dipenuhi orang-orang ramah dan bule-bule sexy.

sekarang,
saya tidak punya uang,
saya stuck si suatu kegiatan munafik bernama kuliah,
dan saya tinggal di sebuah kota yang kotor, macet, serta dipenuhi orang-orang yang selalu cemberut dan wanita-wanita berkerudung panjang.

i wanted to say i like the past better.

but then i realized, the past is past,
you live in the NOW.
who knows if the past was real anyway, 
it could be just your imagination,
as some people say, the past doesn't exist,
or, even if it does exist, 
your memory of the past could be better than the past itself.
and more importantly,
you cannot do anything with the past.
you do what you can do now.
So yeah, i like it better now.

No comments:

Post a Comment