Friday, January 12, 2007

Teknologi Siluman

Pernah liat pesawat stealth (siluman) kayak yang ada pada gambar di bawah ini?




Belum pernah? Tenang, jangan ngerasa rendah diri, wajar aja kalo kamu belum pernah ngeliat. Wong pesawatnya aja ngga keliatan. (Padahal di gambar itu emang ngga ada apa-apa, pilotnya aja yang lagi akting pura-pura jadi anjing sedang pipis)




Anyway, gw penasaran nih ama yang namanya teknologi "siluman" ini, atau istilahnya mah, stealth technology. Bukan teknologi untuk menghilangkan jejas pesawat terbang dari radar, tapi teknologi untuk menembus-pandangkan suatu benda. Apakah teknologi ini sudah ada? Jawabannya: Alhamdulillah, belum. Teknologi yang memungkinkan manusia untuk tidak terlihat seperti layaknya Harry Potter dengan Invisible Cloak-nya ternyata belum bisa dilakukan.



Sebenarnya banyak sih hal yang udah "mendekati" teknologi invisible ini, seperti:



- Ilmuwan2 di Universitas Tokyo telah mengembangkan teknologi yang bisa membuat seseorang agak tidak terlihat (tapi pake cara licik).




Cara licik yang mereka gunakan yaitu kira-kira seperti ini: Mereka menyimpan video kamera di belakang orang di atas, lalu kamera tersebut mengirimkan hasil rekamannya secara real time ke sebuah komputer berprocessor tinggi. Oleh sang komputer, gambar rekaman itu ditilik, diteliti, diukur-ukur, ditimbang-timbang, dirasa-rasa, pokonya sampai dia merasa "pas" lalu dikirim ke sebuah projector yang berada di depan orang tersebut. Projector tersebut lalu memprojeksikan gambar ke si orang itu. Liciknya lagi, orang itu memakai jubah berbahan khusus yang dapat membalikkan cahaya dengan tepat ke arah datangnya cahaya (kayak tanda di jalan raya yang suka "nyala" kalau kena sinar lampu mobil). Halah maap kalo ngejelasinnya ngga jelas. Diagram yang gw comot dari howstuffworks ini mungkin bisa memperjelas keadaan. Jadi pokonya caranya kurang lebih ini lah:



Licik kan?


- Andrea Al├╣ dan Nader Engheta dari Universitas Pennsylvania di Philadelphia (sumpah ini kalimat paling ribet yang pernah gw tulis) telah mengembangkan "jubah penghilang". Dengan memanfaatkan bahan yang mereka sebut 'plasmonic cover', mereka dapat mengurangi pantulan dan penyebaran cahaya yang datang ke suatu benda, sehingga membuat sebuah benda tersebut nyaris tak terlihat. Tapi katanya ini cuma bisa bekerja pada benda mikroskopik. Bisa lebih dirinci? ngga ah, males, ribet, dan ngga bermanfaat. Dan yang pasti, gw juga ngga terlalu ngerti:p Baca dan pahami aja sendiri di http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?artikel&1112493299&13. Kalo lo bisa ngerti dalam sekali baca, berarti IQ lo di atas 139. Dijamin.


- Fitur INVISIBLE di Yahoo Messenger.


Selain ketiga teknologi di atas, belum ada teknologi lain yang memungkinkan manusia untuk "menghilang".


Bagaimana caranya teknologi ini akan bisa dicapai? Gimana yah? Ga tau gw juga. Kalo dipikir-pikir sih, kayanya ngga mungkin sebuah jubah bisa membuat sesuatu tidak terlihat. Kecuali kalau di setiap atom di permukaan jubah tersebut dipasangi kamera sekaligus monitor yang super-mini-mini-kecil-sekaleeeee yang bisa digunakan untuk menipu pandangan mata.


Tapi tetep aja cara ini mah nggak ngebuat sesuatu menjadi "menghilang". Lagian klo mau dipasang satu kamera+monitor per atom, akan diperlukan milyaran kamera+monitor berukuran sekian pikometer. Teknologi tuh biasanya semakin kecil ukurannya, harganya semakin mahal. Jadi anggep aja satu kamera+monitor itu harganya 1 milyar dolar, berarti diperlukan biaya sebesar $1.000.000.000.000.000.000 (satu quintiliun dolar) untuk membuat 1 milyar kamera+monitor. Kalo dirupiahkan? ah.. intinya mah Indonesia ngga bisa buat yang ginian. Titik.


Mungkin satu-satunya cara yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan pengetahuan yang didapat dari dukun dan orang sakti yang tinggal di kampung-kampung terpencil di Indonesia. Tapi itu susah, susah banget. Karena kebanyakan ilmuwan modern nggak akan percaya ama yang gituan. Jangankan ilmuwan modern, gw aja yang berasal dari kampung dan pernah menuliskan artikel tentang betapa bodohnya orang yang tidak percaya dengan jin, sekarang jadi agak skeptik dengan hal-hal gaib seperti ini. It simply DOESN'T exist around here, mate.


Tapi untungnya di lubuk hati gw yang paling dalam sih gw masih sedikit percaya. Sedikit. Hehe. Soalnya gw belum pernah mengalami pengalaman gaib. Gw cuma pernah merasakan sedikit hawa-hawa "aneh" waktu sedang latihan Hikmatul Iman di malam hari. Tapi itu kan bisa aja cuma efek psikologis. Lagi pula penampakan-penampakan kuntilanak, pocong, genderuwo, setan pohon karet SMA2 Bandung, etc. hanya gw ketahui dari mulut orang-orang yang mengaku pernah melihatnya. Jujur aja, dulu gw adalah orang yang gampang percaya dengan apa yang dikatakan orang. Apalagi dengan cara bercerita aspel-aspel HI yang dilakukan sedemikian rupa sehingga menimbulkan suara "WOW KEREN" dari mulut gw. Tapi sayangnya gw belum pernah melihat satupun bukti dari kebenaran cerita itu.


Jadi yang salah siapa sih? Gw dan para ilmuwan skeptik itu? NGGA LAH. kalo kata gw sih kesalahan ada di pihak para DUKUN dan ORANG SAKTI. Kalo memang dukun-dukun dan para orang sakti itu bisa terbang, menghilang, melelehkan besi, ngerubah orang jadi babi ngepet, etc etc. KENAPA NGGA PERNAH DILAKUKAN DIDEPAN MATA GW!? Hiks. Paling ngga, lakukan didepan kamera gituu biar ada bukti. Tapi masa sih dari sekian banyak orang sakti di seluruh dunia ngga ada yang bisa memberikan bukti kongkrit! Kalo cuma matahin kikir baja, ngancurin beton pake kepala, etc etc itu mah "wah"-nya masih level "rendah". Gw pengen ngeliat orang yang bisa ngapung, menghilang, lari secepat mobil bermesin V16, etc etc. I need to believe. I need a belief. But no one seems to care to turn me back into a believer.


Kang Dicky sang legenda pun mulai pudar dalam daftar "manusia-manusia terpercaya" gw. Pasalnya, beliau selalu menghindar untuk menunjukan sesuatu yang "wah" dengan alasan "takut dikira sombong". Hiks. That's not a reason, kang.


Gw pernah liat orang terbang sih, namanya Chris Angel (klik untuk ngeliat video-videonya). Gw juga pernah liat si David Copperfield badannya terpotong jadi dua tapi masih bisa jalan-jalan. Tapi sayangnya Chris Angel dan David Copperfield melakukan hal-hal "ajaib" itu cuma di show yang terlihat udah di "atur". Coba kalo mereka melakukannya di depan para petinggi dunia yang sedang melakukan rapat G8. Atau di depan gw sekalian. Pasti gw percaya.


Anyway, balik lagi ke masalah ilang-mengilang. Gw cuma bisa berharap semoga salah satu dari pembaca blog ini (terutama yang telah membaca postingan ini sampai sejauh ini) dapat menemukan cara untuk menghilang. Nanti kalau udah ketemu caranya, kasi tau gw yah. Gw pengen tau situasi dan kondisi di toilet cewe, hihi.

4 comments:

  1. Kenapa diri Anda mengepost hal seperti itu???? That's really ""suprising"", also membuat dahi berkerut, ilfil, dan pada akhirnya menyebabkan kejang-kejang, ayan, susah tidur, etc etc...
    WHY???,,,-sorry,, i know d' article soooo usefullllll, but not important (very much), and lil' bit weird,,,--- :P

    ReplyDelete
  2. @anonymous:
    what did u say?
    'weird'?

    haha,, that's the way he is.
    I suggest u not to be that surprised.

    ReplyDelete
  3. @anon: biarin, yang punya blog juga gw, terserah gw dong:p Itu, anu, kalo kejang2 ama ayan itu kemungkinan besar bukan karena postingan gw, tapi mungkin karena settingan di monitor elo. Coba frekuensi monitornya di atur2 lagi supaya pas dan enak buat mata. Atau mungkin juga lampu kamar lo perlu diganti supaya ngga kelap-kelip ky yg di film2 hantu itu.
    Kalo kejang-kejang berlanjut, segera hubungi dokter lewat telepon, suruh baca blog ini, abis itu silahkan dilanjutin lagi kejang-kejangnya:p

    ReplyDelete
  4. @AnakYgMenyia2kanIT_ITB:

    No comment :p

    (klo gitu ngapain gw nulis ini yak)

    ReplyDelete