Sunday, January 7, 2007

(Puisi) Live Inside A Hotel

I walk through an empty corridor...




Udah gitu doang.



Ga enak deh rasanya klo lagi ga punya ide, ga tau mau nulis apa. Jangankan buat puisi yang dari dulu gw emang ngga ada bakat se-bu-tir-pa-di-pun, nulis postingan buat blog ini aja jadi susahnya minta ampun. Padahal di postingan PEMBUKAAN dulu gw berjanji bakal ngisi blog ini minimal tiga kali setaun. Taun 2007 ini gw baru buat 1 postingan, ditambah ini jadi 2 postingan. Masih belum mencapai target. Gawat. Akankah gw menepati janji? Apa yang sedang direncanakan pemilik blog ini? Kita saksikan episode selanjutnya pada waktu yang tidak ditentukan.


Ide itu buat ngedatanginnya susah banget. Harus dibujuk pake iming-iming liburan panjang dan nonton film yang banyak. Udah gitu tetep baru mau muncul kalo udah dipanggil lewat ritual di wc minimal selama 2 jam. Kalo ngga gitu, si ide seenaknya kabur dan ogah-ogahan balik lagi. Kalau udah kabur, terpaksa harus berjuang keras buat mendapatkan kembali sang ide, karena berdoa dan ngarep saja tidak cukup.


Penyebab si ide kabur dari kepala gw kemungkinan besar adalah pekerjaan gw saat ini. Masih inget postingan berjudul Interview yang kira-kira gw post tiga minggu yang lalu? Yup, Alhamdulillah DUA hari kemudian gw langsung kerja. Kerjaan gw adalah sebagai porter alias bellboy alias orang keren pake dasi dan rompi yang berdiri di deket resepsi hotel ketika lo berjalan masuk ke dalam sebuah hotel:p


Gw adalah salah satu dari sedikitnya ABK (Anak Baru Kerja) yang masih tersisa di muka bumi ini. Gw bersyukur juga sih akhirnya gw bisa mendapatkan pekerjaan yang lumayan sedikit agak-agak hampir almost layak untuk menghabiskan waktu gw di Ostrali yg tinggal kurang dari 100 hari ini, walaupun harus mengorbankan sang ide dalam otak gw. Sekalian biar bisa mbawa membawa oleh-oleh buat pulang kampung berupa tisu wc dari hotel berbintang 4,5 (sapa yang mauuu? daftarkan aja nama kalian di tempat koment di bawah, nanti gw bawain)


Semenjak gw diberojolin ke dunia fana sampai sebulan yang lalu gw sama sekali ngga pernah kepikiran kalau gw akan merasakan hidup sebagai bellboy. Soalnya gw dari dulu kurang tertarik dengan yang namanya hospitality (aka. melayani tamu dengan baik dan benar, mungkin). Bukan ngga tertarik sih, tapi ngga hobi dan ngga bisa aja, hehe. Sayang ya.. padahal kalo gw hobi hospitality mah,,,, katanya di tempat kuliah khusus hospitality NHI (Bandung) banyak ayam kampusnya. Tapi biarin ah. Gw ga butuh ayam kampus. Lebih enak ayam panorama (deket Darut Tauhid) cap Fikri. Renyah banget dagingnya. Tapi ngga tau deh sekarang masih ada apa ngga. Kalo ada juga harganya pasti jadi lebih mahal. Jangan-jangan sate ati ampela aja bisa sampai Rp. 1500-an, haduh. Keor (baca: angkot lite edition) antara gerlong hilir ke panorama via Darut Tauhid aja yang dulu cuma Rp.500 sekarang jadi Rp.1000 perak. Indonesiaku makin aneh aja nih. Tapi yang lebih aneh lagi paragraf ini juga kayanya makin menjauh dari inti paragraf ya. Ya udah deh segini dulu paragrafnya.


Pekerjaan gw jadi bellboy ini ngga berat-berat amat. Jauh lebih ringan dan keren ketimbang jadi kuli pabrik roti (aka. my previous job). Bukannya gw merendahkan para kuli loh, gw cuma merendahkan pekerjaan gw sebelumnya yaitu kuli di pabrik roti. Jadi yang gw rendahkan itu bukan kulinya, tapi pekerjaan gw sebelumnya, yaitu menjadi seorang kuli.


Detail pekerjaannya gini:


Kalo dapet shift pagi:


- Ngangkatin koper 20%

- Bersih-bersihin reception room 10%

- Nganter2in barang ke kamar (eg. Handuk, teh sachet, face washer, box bayi, etc) 35%

- Menerima tamu yang masuk dengan sapaan plus senyuman penuh kemunafikan (karna terpaksa) yang berbunyi: "Good Morning" atau "Good Afternoon". Tapi klo gw lagi males ngomong biasanya cuma ngasi kode dengan melototin mata ke arah keset supaya tamu-tamu yang masuk langsung ngeliat keset dan membaca tulisan WELCOME secara otomatis. 30%

- Makan siang 5%


Kalo shift malem:


- Ngangkatin koper 0%

- Bersih-bersihin reception room 10%

- Nganter2in barang ke kamar (eg. Handuk, teh sachet, face washer, box bayi, kondom [sumpah ada beneran], pil Morning After [kalo ini mah ngarang], etc) 50%

- Nganter2in pesanan makanan dari restauran ke kamar 5%

- Makan malem 5%

- Muter-muterin hotel dari lantai paling atas sampai lantai paling bawah, alias "security check". Padahal mah gw nganggapnya sebagai jalan-jalan sambil kadang ngeliat pemandangan kota melbourne dari atap gedung berlantai 20 itu. Sumpah keren banget. Jadi inget waktu dulu ngeliat pemandangan kota bandung selatan dari loteng rumah gw di gegerkalong (mata gw tuh 20 mega pixel dan punya optical zoom 10x dan digital zoom mencapai 600x, fyi), lampu2 rumahnya indah banget. Tapi dari atas gedung 20tingkat ini lebih keren lagi. Mobil-mobil di bawah mengingatkan gw pada game GTA2 (game jaman jebot) dan lampu-lampu di sungai Yarra seringkali ngebuat gw melamun selama beberapa menit. Iya kata orang sih klo ngelamun tuh bisa kesurupan, apalagi kalo malem-malem, sendirian lagi. Tapi tentu aja kemungkinan itu udah gw pikirkan mateng-mateng. Jadi gini lho, mana ada sih pocong yang mampu loncat setinggi 20 tingkat? Kuntilanak aja kalo terbang cape kalii...... Genderuwo? pffff... palingan pas lagi manjat dinding dia bakal ngeliat sepasang cowo cewe sedang gigituan di kamar hotel trus dia ikutan. Apalagi? Hantu Jeruk Purut? Huhhh.. di kantong gw ada batere alkali (buat mp3 player). Netral dah tuh hantu. Jadi gw ngga mungkin kesurupan) 20%

- Ngliatin jam, pengen pulang, ngantuk 10%


Jadi yaaa gitu deh. Bell boy di hotel tempat gw kerja mah bukan ngangkutin koper doang. Sedikit lebih bervariasi, jadi ngga gampang bosen.

Trus, ada lagi. Kalo di tempat kerja yg dulu (kuli), gw selalu bawa makanan dari rumah untuk lunch/dinner. Kadang ngga sempet bawa karena udah telat... jadi terpaksa kalo lunch/dinner cuma makan kertas dan minum air keran (kasian banget ya gw). TAPI klo sekarang, hal itu ngga akan terjadi lagi. Karena makanannya bisa minta dibuatin ama chef restoran hotel!!! GRATIS! Hwahahahahaha.. akhirnya tiap hari gw bisa makan makanan hotel berbintang 4,5!!


Iblis: memalukan, dapetnya gratis aja bangga!
Gw: Biarin! Daripada elu makannya 'e'e!!* Sirik aja lu.


*) informasi tentang menu makanan iblis ini didapat dari buku "Berdialog dengan Jin Muslim". Bener atau salahnya buku ini jangan ditanyain ke gw, gw mah ngga tau. Tanya aja si Akira Toriyama atau Fujiko F Fujio. Mereka kan lebih banyak tau tentang seni karang mengarang.


Duh. Ngga tau mau nulis apa lagi ah. IDE balik siniiiihhhh.... datanglah kemari nak.... nanti kita bersemedi sama-sama deh di WC!! Tapi kamunya balik dulu atuh siniii... I need Yuuuh!!!


Oya lagi, tadi siang gw ngabisin sepertiga dari gaji 2 minggu pertama buat beli SE K750 *meringis*. Mau gw kasiin buat someone yang gw benci sekaligus gw kagumi. Huhuhu.

No comments:

Post a Comment