Thursday, January 18, 2007

Hilang (Human Feeling = Anti Inertia)

Dan aku menangis, dan aku terluka, Bila… (yeah yeah yeah)

Dan aku menangis, dan aku terluka , Bila…

Engkau menghilang….

Lagu Hilang versi akustik yang dinyanyikan oleh Ayu "Gaia" Ratna dari band Garasi itu ngga sengaja terdengar pas gw lagi ngecek profil FS gw sendiri (bukan berarti profil gw dipasangin lagu cengeng lho, tapi profil gw kan pake random music player yang lagunya emang campur-campur;) Gw ga da kerjaan yah buka-buka profil gw sendiri? bukan gitu,, masalahnya gw pengen ngliat wajah profil Friendster gw dengan layout "baru" yg ditawarin Friendster. FS tuh brengsek banget maksa-maksa gw untuk nge-upgrade profil gw ke versi "baru". Gw dari dulu slalu ngeklik link "Ntar Lagi Aja Ah Upgrade-nya, Males" setiap mereka nawarin gw buat ganti profil, tapi lama2 kesel juga harus ngeklik itu terus2an. Kenapa gitu ga ada pilihan "I don't want to upgrade my profile, ever, so you better get the fuck out.".



Anyway, gw kok ada rasa-rasanya gimanaaa gitu ya pas ngedenger lagu ini.



"Dan semuaaaa menghiiiilang"



Yang pertama masuk dalam pikiran gw adalah si Ayu "Gaia" Ratna ketika sedang nyanyi sambil main gitar ala Matt Bellamy-nya Muse.



Btw.. anjrit! baru nyadar! Itu backgroundnya kan Gedung Bumi Siliwangi, sebelahnya lapangan Sawit tempat gw main bola ma temen2 sekelas waktu SD dulu^^ (gedung ini juga tempat rekreasi kalo guru TKA-TPA gw di Darut Tauhid lagi baik 'n mau ngajak murid2nya belajar sambil bermain di alam bebas) Ah... jadi sedih. Masa kecil yang indah.

Anyway, gw kok ada rasa kagum yah klo ngeliat dia (si Ayu).. perasaan yang sama juga muncul ketika ngliat Amy Lee dari Evanescence. Mungkin karena di dunia ini jarang gitu ada cewe yang punya bakat DAN keberanian buat jadi vokalis rock/poprock. Well, banyak sih, tapi jarang yang gw tau. Artis cewe yang terkenal malah artis-artis yang ngga berseni kayak Britney Spears, Christina Anjisgwnggarela, Beyoancei,--dan yang paling parah dan hampir membuat dunia permusikan hancur lebur berantakan--Paris Hilton.


Gw sebenernya pengen sih nerusin ngomongin tentang kenapa jumlah penyanyi rock cewe jauh lebih sedikit ketimbang penyanyi rock cowo, tapi postingan ini sebenernya bukan mau ngomongin itu.


I just wanna talk about Hilang.


Ni lagu emang sama cemen-nya dengan Untitled-nya Simple Plan, tapi lagu ini setidaknya ngebuat gw mikir:


"Kenapa sih manusia tuh takut kehilangan?"


Gw ga akan pura-pura jadi manusia tegar di postingan ini. Gw mau jujur. Bagi gw, kehilangan tuh nyakitin banget. Dulu waktu gw kehilangan hape dua kali, gw pernah sampai berpikir: "Ah! Hape ilangan melulu! buat apa lagi gw hidup! Mending besok gw ke Israel aja sambil bawa dinamit. Trus diledakin di bus umum yang dinaikin orang-orang Yahudi. Kan lumayan gw bisa bunuh diri tapi ngga akan dosa, seperti yang dikatakan seorang kyai deket rumah gw"


Untungnya pikiran itu tidak pernah terlaksana karena gw segera tersadar bahwa kyai juga manusia dan bisa mengucapkan sesuatu yang salah. Yang bener harusnya: Membunuh orang lain, apapun agamanya, tetep aja dosa. Kecuali kalo orang tersebut berinisial G.W.B.


Aduh ini mentang2 topiknya tentang "Hilang", kok postingan ini jadi hilang arah terus yah. Kita balik lagi ke topik.


Gw dan--gw yakin--semua manusia yang masih bernafas, pasti ngga mau ngerasain kehilangan. Kenapa sih bisa gituh? Gw juga ga tau secara pasti. Mungkin hukum inersia atau kelembaman bukan hanya berlaku pada pergerakan suatu benda fisik, tapi berlaku juga pada perasaan manusia, tapi efeknya kebalik.


Maksudnya?


Kita liat contohnya.


Gini, misalnya orang bernama si Joni sedang duduk di sebuah roket yang berbentuk WC duduk. Roket tersebut tadinya berada dalam posisi diam dan Joni sedang duduk dengan nikmat di atasnya. Nah, ketika tiba2 roket tersebut bergerak secara vertikal ke arah atas, tentu badan Joni akan terasa "tertekan" ke bawah. Bahkan kalau akselerasinya cukup cepat, pantat Joni bisa kesedot masuk ke dalam toilet tersebut. Begitu juga kalau roket yang sedang bergerak itu tiba2 berhenti mendadak di udara, Joni pasti akan "terloncat" ke atas, keluar dari Roket.


Cerita di atas tadi menjelaskan hukum inersia. Lain halnya dengan perasaan/hidup manusia:


Misalnya perasaan/hidup seseorang sedang "diam" (contoh realistiknya: sedang ga punya duit, sedang bete, sedang jomblo, etc. Dalam hal ini kita akan mengambil contoh jomblo biar gampang ngejelasinnya karena gw udah pengalaman [dan pengalaman ini sampai sekarang belum berakhir]). Jadi kita anggep aja ada seseorang bernama Jojon yang udah menjomblo selama 25 tahun (baca: Perasaan Jojon sedang "diam" selama 25 tahun). Lalu secara tiba-tiba Jojon jatuh cinta pada Tukiyem (baca: Perasaan jojon tiba-tiba bergerak ke "atas"). Ketika Jojon jatuh cinta pada Tukiyem, dia ngga akan merasa tertekan ke "bawah" seperti halnya Joni dengan Roket WC-nya, melainkan sebaliknya, dia akan mengikuti arah perasaannya, yaitu ke atas. Jojon melayang ke atas bersama Tukiyem. Yay.


Misalnya si Jojon dan Tukiyem telah menjalin hubungan suami istri selama 6 bulan (baca: Perasaan Jojon masih terus bergerak dengan kecepatan tetap ke "atas"), lalu tiba-tiba Jojon tidak sengaja melihat Tukiyem sedang berselingkuh dengan Pak Indro (baca: Perasaan Jojon yang sedang bergerak ke "atas" itu berhenti mendadak). Ketika "berhenti mendadak" ini, beda dengan si Joni dan roket berbentuk WC-nya, Jojon ngga akan terloncat ke "atas", melainkan sebaliknya, dia akan jatuh ke bawah ke dalam jurang patah hati.


Jadi perasaan manusia teh mengikuti hukum inersia juga, tapi efeknya sebaliknya, gitu.


Ah kayaknya ngga ada yang ngerti deh.


Entah gw-nya yang terlalu jenius atau pembaca blog ini yang terlalu lemot.


Ato mungkin gw yang lemot.


Ah ga tau ah.


Manusia emang aneh.


Kalo ngga mau kehilangan "sesuatu", kenapa sejak awal ingin memiliki "sesuatu" tersebut?


Kayaknya postingan ini bener2 hilang deh.


Dari pada terus ngga jelas, mending udahan dulu ah.


Mau "anu" dulu di WC sambil baca komik Detektif Q nomer 18. Maap ga jelas.

3 comments:

  1. *soal Paris Hilton: gila gw stuju banget tuh. For God's sake,,ngapain si dia pake ikut-ikutan nyanyi sgala..

    *soal Christina Apapunitu: gw ga stuju. Suara dia tuh bagus tau. She got big talent, dan itu patut dihargai. Ngga bisa memainkan alat musik kan bukan berarti dia ga bermutu, karena yang dia jual ya emang suara dia (mmm,,, jual yang lain lagi ga yah? :p)

    *soal kehilangan: mmm,,, susah komennya.. tapi kalo menurut gw dengan kehilangan itu lo belajar menghargai apa yang lo miliki, jadi ga sembarangan gituh..

    *soal inersia: analogi yang bagus (tapi weird :D ) tapi lo mengingatkan gw sama physics. huuuhh,,, cape deh..

    ReplyDelete
  2. (kelamaan ya coment-nya,,dah lama gak OL seeh)
    Hi!UZi!!
    Cuman maw ngomong,,dari dulu koq kayaknya baca Detective School Q-nya gak selese2,,tapi uda no.18,,berarti kurang dikit lagee dunk!!!aQ juga suka baca itu soalnya,,,,
    (sepertinya coment ini juga hilang arah susunan kalimatnya)
    Truzz new skin,,not bad,,,
    Truzz,, koq gak ada tempt tereak2 lagee sih????

    ReplyDelete
  3. Oh Si Paris... wah...gile keren men jangan salah...gw dah tonton kok pelem nya...hehehe
    kalo Crhistina Apaterserahlo gw pikir doi punya suara yang Unix dan briliant men (kalo bahasa matematik nya Limit mendekati tak terhingga)...halah sok pipilueun
    lagian yg gw perhatiin setip orang nya dinamai kata Chris pasti tenar dan hebat...liat aja:
    ChrisMartin he's no shit man
    Chris WantbackHome (muse)
    Chris Carraba (dashboard), ChrisYanto(Jamrud),ChrisJohn,Chrisbiantoro...Chrisye

    bro iraha jadinya ke bandung teh?

    ReplyDelete