Monday, January 15, 2007

Mimisan

Postingan ini ngga akan membahas Mimi-San, pemilik si Palmon yang ada di film Digimon. Palmon adalah digimon yang bisa berubah jadi Togemon, yaitu monster kaktus mirip dengan Tonberry yang ada di game Final Fantasy. Bedanya, klo Tonberry mah monster jahat yang suka bawa-bawa lentera dan pisau, yang kalau player kita ditusuk oleh pisau itu bisa langsung mati seketika (nyebelin banget nih monster, sumpah!), klo Togemon mah monster baik hati pembela kebenaran pembasmi kejahatan yang punya jurus duri-duri beracun.


Klo lagi berada dalam keadaan terdesak biasanya si Togemon berubah jadi Lillymon. Kalo terdesaknya udah kebangetan dan menyangkut hidup matinya si Mimi, dia malah bisa berubah lebih lanjut menjadi Rosemon. Ahh.. pokonya postingan ini bukan tentang DIGIMON deh. Instead, postingan ini gw buat sebagai rasa keluh kesah gw terhadap mimisan, yaitu mengalirnya darah yang berwarna merah pekat dari lubang hidung yang biasanya cuma dialiri oleh ingus berwarna hijau emerald.



Jadi ceritanya gini, kemarin kan gw lagi nungguin lift di lantai 7 hotel tempat gw kerja sambil picking my nose (bahasa keren dari ngorong). Bukannya gw kebiasaan ngorong loh, tapi kemarin itu ngga tau kenapa ada tangan setan yang menuntun jari telunjuk kiri gw untuk merasuki lubang kiri hidung gw yang sedang gatel itu. Tiba-tiba tanpa ada aba-aba terlebih dulu, dari lubang kanan hidung gw mengalir suatu cairan yang warnanya bisa ngebuat orang-orang hemaphobia (takut ama darah) pingsan. Untungnya di kamar hotel deket situ ada temen gw yang sedang bertugas bersih-bersih kamar, jadi gw bisa minta izin dia buat minta satu roll tissue yang seharusnya buat kamar hotel tersebut. Untungnya lagi, pas gw lagi nunggu lift itu ngga ada orang lain selain gw dan tempat sampah di depan gw. Kalo ada, gw bisa malu banget. Bukan malu karena mimisan, tapi karena ngorong.


Insiden kecil itu segera gw lupakan. Namun, pada sore harinya, ketika gw sedang berjalan dari Blockbuster ke rumah (untuk nyewa film Brother, Reservoir Dogs, Requiem For A Dream, Traffic, dan Jews.. eh, maksudnya Jaws ). Eh, tadi kalimatnya sampai mana? Oh ya pas gw lagi jalan ke rumah--dan kali ini gw ngga sambil ngorong--hidung gw keluar darah lagi! Arrrrggghh gw langsung berlari ke arah toilet umum yang ada di sana (di situ ada salah satu toilet favorit gw karena ketika kita masuk kita langsung disambut oleh alunan musik klasik; dan toilet ini segalanya serba otomatis: dari mulai tissue dispenser-nya yang tissunya bisa keluar sendiri; sabun cuci tangan, air cuci tangan, dan pengering tangan yang semuanya bisa nyala sendiri, wc-nya juga ga usah kita pencet karena nyiram sendiri, dan yang paling keren--walaupun agak merugikan--klo kita di WC lebih dari 10 menit pintunya bakal terbuka sendiri, jadi kebiasaan gw bersemedi di WC ga bisa dilakukan di situ).


Anyway, dua kali mimisan dalam sehari adalah sesuatu yang asing bagi diri gw. Walaupun selama 18 tahun gw hidup ini gw udah mimisan sebanyak 73 kali (sumber: buku "Berbohong dengan Statistik" by Darrell Huff), biasanya gw cuma mimisan sekali dalam sehari. Itupun jarang banget. Paling-paling setaun cuma dua atau tiga kali. Jadi kejadian kemarin itu gw rada-rada.. gimanaaaa gitu.


Furthermore, DUA JAM yang lalu gw mimisan lagi! Kampret!!! Dan yang ini kayaknya mimisan spesial edition deh, karena udah gw coba stop pake tissue, jari kelingking, celana dalem, kertas sobekan dari buku pelajaran biologi tepat di bagian yang ngebahas trombosit, etc etc, gw juga udah coba tidur terlentang, kepala ngadep ke atas, sikap lilin, jungkir balik, salto, pushup, sit up, jumping jack, sprint, bahkan sampe maraton, darahnya ngga berhenti-berhenti.


Setelah kira-kira lima belas menit berlalu dan tiga lusin tissue putih telah gw cat jadi merah, akhirnya darah itu berhenti juga. Eddddaaan belum pernah gw mimisan selama ini. Kalo kita assume darahnya menetes dua detik sekali, dan total waktu mimisan adalah 15 menit atau 900 detik, berarti gw kehabisan 450 tetes darah. Kalo satu tetes volumenya kira-kira 0.5 ml, berarti gw kehilangan 225 ml darah. Anjriiiiittt hampir setengahnya aqua gelas. Padahal kalo dijual ke pengedar darah buat drakula-drakula kehausan di Pennsylvania itu kan duitnya bisa gw pake buat beli sepatu gw yang udah mulai bolong-bolong, hiks.

Gw serem juga ngalamin mimisan tiga kali dalam dua hari, padahal kan gw ngga lagi sakit apa-apa (adik cw gw yg lima taun, uhm, maksudnya, adik gw, cw, yang lima taun, pernah sih mimisan sampe 7x sehari, tapi itu kan pas dia demam plus cacar air. Lagipula dia nakal dan suka nyusahin kakaknya jadi mungkin dia waktu itu dikutuk ama Yang Di Atas). Tapi gw kan baik hati tidak sombong rajin bekerja dan pandai membaca, jadi gw ngerasa aneh aja gitu bisa mimisan banyak gitu.


Akhirnya setelah melakukan riset selama kurang lebih 7 menit di internet--atas bantuan mbah google yang sakti mandraguna--gw berhasil menemukan beberapa penyebab utama mimisan:


1. Udara sekitar yang kering
2. Karena udara kering, biasanya kulit bagian dalam hidung jadi mudah lecet klo kita "sentuh".
3. Virus dan bakteri juga bisa menyebabkan iritasi pada hidung bagian dalam, yg dapat menyebabkan mimisan


Tapi ternyata yg menyebabkan darah dari hidung gw terus keluar adalah karena kesalahan gw saat menangani kasus mimisan. Jadi nenek gw tuh dari dulu sering ngasi tau klo mimisan idungnya dicolok daun sirih aja trus kepalanya diposisiin tegak 180 derajat, dan seperti pribahasa bilang Tak ada daun sirih, tissue pun jadi, jadi gw pake tissue untuk menyetop darah itu. Nahhh ternyata cara itu adalah salah. Menurut website-website yg gw baca barusan, seharusnya yg gw lakukan adalah memencet hidung gw di sekitar bagian bawah tulang hidung. Jadi prosedurnya sama persis dengan kalau ada orang kentut di depan kita gitu, kita harus tutup hidung. Fungsinya adalah supaya bagian pembuluh darah yang "bocor" itu akan tersumbat oleh darah yang kering.


Tapi masalahnya lagi, gw baru sadar kalo akhir-akhir ini gw kalo terluka suka agak lama sembuhnya. Yaaa ngga lama banget sihh, tapi agak lebih lama dari biasanya deh, dikit. Gw sempet deg-degan juga sih jangan-jangan itu karena kencing manis. Tapi rasa khawatir itu langsung hilang ketika kemarin-kemarin gw mencicipi rasa kencing gw yang ternyata sama sekali ngga manis (boong deng, gw ngga pernah ngelakuin itu, sumpah!), dan ternyata setelah diteliti lebih lanjut, hal yang nyebabin darah gw lebih lambat bekunya adalah tak lain dan tak bukan karena gw kekurangan vitamin K (jadi jangan2 gw mimisan juga karena kekurangan vitamin K).


Vitamin K adanya di sayuran2 hijau seperti BROKOLI, etc. Gw sih ngga punya problem dengan makan sayuran (gw makan sayur apa aja kecuali terong, leunca, dan.. apa sih itu satu lagi.. ah lupa namanya,, yang jelas bukan parea lho, parea mah walaupun pahit tapi gw suka). Gw sebenernya heran kenapa gw bisa kekurangan vitamin K, mungkin gw akhir-akhir ini males aja kali yah makan sayuran. Abisnya badan gw langsing sih (andaikan gw cewe pasti banyak yg pengen punya body kaya gw deh. Tapi bodi bagian bawah doang, dada ngga termasuk.), jadi gw akhir-akhir ini banyak memakan daging sapi dan daging ayam yang mati dengan disembelih pake pisau sampai kelepek2 kesakitan karena lehernya berdarah-darah. Tapi ya itu.. ngga ngepek (tidak nge-efek). Udah makan banyak daging tetep aja gw kurus. Malah gw melupakan sayuran, jadi amino acid penting yg lain pada kelewat. Gw bodo dalam hal dietary, hehe. Tobat deh. Besok mah gw mau makan sayur ama daging yang seimbang. Walaupun begitu gw iri ama tukang becak yang makanannya tempe tahu tapi tangannya bisa keker kayak ade ray. Gw klo gede pengen jadi tukang becak aja bisa ngga yah?

1 comment:

  1. Gua lagi mimisan, ngabisin 2 helai tissue dan meja kerja berdarah2, baca tulisan Blog ini, bukannya sembuh, malah ngakak, eh, bocor lagi idung gue, sialan bener nih blog !

    ReplyDelete