Thursday, December 28, 2006

Ikan Poligami

Beberapa hari yang lalu saya jalan-jalan ke Blok M, sebuah rumah makan di Melbourne yang ngarep bisa cepet terkenal dengan mencopas nama sebuah mall orang2 hedonis di Jakarta.


Dari sekian banyak nama makanan yang aneh-aneh pada daftar menu, mata saya terpaku pada sebuah nama yang saat ini memang rada-rada terkenal karena sebuah kasus di daerah asal saya Geger Kalong Girang:

IKAN POLIGAMI.



Saya langsung pesen ikan itu dengan harga yang ridiculously kelewat mahal. Biarlah, saya penasaran, pengen tau ikan poligami teh kayak apah.


Namun ketika makanannya dibagikan, saya kecewa berat. Saya pikir saya akan mendapatkan sebuah ikan berbentuk kyai kondang. Ternyata cuma ikan biasa pake bumbu balado. Huh.. tau gini mah tadi sayah beli ikan monogami aja!


Anyway, kemarin malam waktu ibu saya sedang menyetrika dan saya sedang membaca komik Detective School Q, saya dengan wajah innocent (da emang innocent sih) datang dan bertanya ke beliau:

saya: "Mah, kenapa sih orang islam teh kebanyakan mentingin ibadah yang ritual aja? Solat, ngaji, dapet pahala, takut dosa, bla bla bla, kalau ada orang bersin harus bilang Yarhamukallah, dll.. Trus yang didebatin ama kyai-kyai teh masalah yg literal aja.. kayak... kalo lagi tahiyat akhir jarinya harus diacungin atau diem aja, makanan yg mengandung zat additive nomer E120, E140, E141, E252, E422, E430, E431, E470, E471 blah blah blah itu haram, pacaran itu haram, dll. Kenapa ari yang mentingin 'perasaan' orang laen malah diremehin?"


mama: "contohnya?"


saya: "ya itu.. misalnya..... mm.....POLIGAMI. Kenapa yang diomongin teh malah: 'poligami itu halal asalkan adil,,, karna hal itu ada di Al-Quran', kenapa yang diomongin kyai2 di MUI teh cuma masalah halal, haram, pahala, dan dosa aja? Kenapa ngga mikirin konsekuensi dan perasaan di pihak perempuan yang dimadu ituh? Tapi Puji (panggilan sayah di rumah, jangan tanya-tanya.) mah ngga lagi ngomongin poligami aja, tapi semuanya, secara keseluruhan orang2 islam sekarang cuma mentingin masalah2 yg bisa ngebuat dirinya dapet pahala atau dapet dosa aja. Ngegambar misalnya, kyai bilang kalau ngegambar makhluk hidup itu haram, kecuali kalau kepalanya dihilangin supaya ngga jadi makhluk hidup lagi. Pas ditanya 'kenapa haram?' Jawabannya teh: 'Ada di hadist... menggambar makhluk hidup itu dilarang karena ngikut2in Alloh,, hanya Alloh yang berhak menciptakan makhluk hidup', duh..! Trus buat apa Alloh nyiptain otak kanan?


Terus ada lagi,, ngedengerin musik ama mainin alat musik katanya haram, kecuali kalau cuma alat musik perkusi. Pas ditanya kenapa haram? alesannya ada di hadist katanya. Beberapa hadist bilang musik itu haram, sementara hadist yang lain bilang pernah melihat Rosulullah mendengarkan musik di sebuah pesta, tapi cuma musik perkusi aja. Jadi kesimpulannya alat musik itu haram kecuali alat perkusi. Aneh kan mah? Brarti kalo hadist udah kontradiksi gituh berarti nunjukin MANUSIA ITU NGGA ADA SEMPURNA, mau Bukhari kek, Turmudzi kek, siapa lagi yah, ngga tau ah lupa. Yang jelas mah hadist-hadist ky gitu teh ngga lepas dari nyenggol sana nyenggol sini ala politikus Indonesia. Diedit2 supaya menyesuaikan dengan kepentingannya masing-masing. Masa mau bilang alat musik haram aja cuma setengah-setengah? Padahal dulu Rosulullah cuma mainin alat musik perkusi kan karena di Arab emang lagi usum (musim) alat perkusi. Coba kalo dulu jaman Rosul udah ada gitar elektrik, pasti sekarang hadist2 bakal bilang: 'Memainkan alat musik itu haram kecuali alat musik perkusi dan alat musik bermerek Fender'


Mama: "Fender tuh apa?"


Saya: "Itu,, merek gitar yg kemarin puji pengen beli tapi kemahalan."


Mama: "Trus kamu sekarang maunya apa? Mau masuk kristen aja biar ngga usah solat!?"


Saya: "Tuh kan tuh kan,, bukan gituuuu mahhh.... Kalo kristenn mah atuh yaaa lebih paraah.. baca aja ini novel Da Vinci Code ama Angel & Demon *sambil ngambil 2 buah novel di laci kamar*


Puji mah kan cuma mau nanya, kenapa orang islam teh cuma mentingin hal2 yg ngga penting? Padahal masih banyak yang perlu diperhatiin, getoooo!!!!"


Lalu ibu saya malah menjelaskan sesuatu yang sama sekali ngga nyambung dengan pertanyaan saya, sebelum akhirnya bilang:

Mama: "iya, mama ngerti maksud kamu,, tapi kalau solat itu tetep sebuah kewajiban"


Saya: "yaaah... Iya iyaaaaaaa....."


Males mau ngelanjutin nanya juga jawabannya tidak memuaskan. huhhh.


Anyway, dulu waktu masih di Gegerkalong Girang saya suka sekali mendengarkan ceramah2 Aa Gym. Soalnya dia kalo ceramah ngga pake banyak bacot. Dia ngga pernah bilang: "kalo bertemu dengan orang itu harus ngucapin Assalamualaikum karena kalo ngga nanti ngga diberkahi Alloh", melainkan: "Kalau kita bertemu dengan teman di jalan... trus kita sapa dia sambil bilang Assalamualaikum sambil senyum-senyum.. kan enak tuh... kitanya jadi ngga kaku, orang yang kita sapa juga akan merasa senang."

Dulu Aa Gym adalah satu-satunya kyai favorit gw karna K.H.Zaenudin MZ udah jarang lagi ceramah di tipi.


Tapi sekarang,,, ngga tau deh.


Ngga ada yang bisa dipercaya.


Ngga ada yang bisa jadi pegangan.


Mending ke Blok M lagi aja ah.. beli ikan monogami. Siapa yang mau ikut??

3 comments:

  1. umm, tata nitip ikan monosaccharide aja yah! heuheu^^

    ReplyDelete
  2. ngga enak atuh makan ikan pake gula mah:p

    ReplyDelete
  3. terus...teruskan, nak, kebiasaan berpikir kritisnya :)

    ReplyDelete